header-int

Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2024

Minggu, 28 Apr 2024, 21:41:31 WIB - 32 View
Share
Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun 2024

BASISBERITA.COM, Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024 sangatlah penting.

Karena pelatihan ini, kata Wagub Steven Kandouw, bukan hanya sekadar untuk menaikan status birokrat. Namun, bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Olehnya, pelatihan yang dibuat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulut itu patut diapresiasi.

“Kita Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara salah satu prioritas pembangunan adalah peningkatan SDM, reformasi birokrasinya bagaimana pentingnya kualitas SDM itu,” jelas Wagub Kandouw saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VII Tahun 2024 di BPSDM Sulut, Rabu (24/4/2024).

“Saya mengapresiasi Pejabat Tinggi Pratama yang rasa-rasanya sondor bilang dia sudah tahu tentang kaidah dan aturan apa yang akan dibuat. Jadi memiliki kualifikasi yang mumpuni tentu dengan proses memiliki pendidikan sebagai pejabat publik,” sambungnya.

Ia pun berharap seluruh peserta mengikuti pelatihan ini hingga tuntas.

“Selain SDM semua jadi famouse supaya betul-betul peserta harus jadi extraordinary people bukan manusia biasa-biasa tentu dengan power yang Anda miliki,” tuturnya.

Wagub pun mengapresiasi tema yang diangkat pada pelatihan ini, yakni tata pengelolaan keuangan dihubungkan dengan pertumbuhan ekonomi.

Tema itu, lanjut wagub, sesuai dengan substansial APBD yakni pertumbuhan ekonomi, pendekatan baru birokrasi. Enterpreneur birokrasi berpikir bahwa kebijakan strategi untuk pertumbuhan ekonomi.

“Ini temanya diresapi dan aktualisasikan. Harapan saya sudah cukup luas jadi perenungan satu sisi untuk peningkatan status karir dan sisi utama birokrasi menjadi orientasinya untuk bangsa dan negara. Semoga kita diberikan hikmat agar satu capaian lebih dari passion yang sifatnya betul-betul positif bagi pribadi, keluarga dan rakyat,”pungkasnya.

Kepala BPSDM Sulut Roy Tumiwa mengatakan PKN baru dua kali diadakan di Sulut.

“Kalau waktu lalu-lalu itu yang digelar di Sulut semuanya ditanggung oleh LAN. Untuk ini sudah mandiri, torang (BPSDM Sulut) yang bikin,” tuturnya.

Para peserta PKN ini bukan hanya dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, tapi ada juga dari kabupaten/kota di Sulut.

”Bahkan ada peserta dari Gorontalo,” tukasnya.(sco/*)

Unidha Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara (BPSDMD SULUT) Rumah Kita Bersama
© 2024 BPSDMD SULUT Follow BPSDMD SULUT : Facebook Twitter Linked Youtube